• Home
  • Kontak
  • Services
  • Tentang Kami
Rabu, Oktober 29, 2025
  • Login
TriMedia
  • Home
  • Gorontalo
    • Provinsi Gorontalo
    • Kota Gorontalo
    • Kabupaten Bone Bolango
    • Kabupaten Gorontalo
    • Kabupaten Gorontalo Utara
    • Kabupaten Boalemo
    • Kabupaten Pohuwato
  • Kriminal
  • Politik
    • KPU
    • Bawaslu
    • Caleg
  • Olahraga
No Result
View All Result
  • Home
  • Gorontalo
    • Provinsi Gorontalo
    • Kota Gorontalo
    • Kabupaten Bone Bolango
    • Kabupaten Gorontalo
    • Kabupaten Gorontalo Utara
    • Kabupaten Boalemo
    • Kabupaten Pohuwato
  • Kriminal
  • Politik
    • KPU
    • Bawaslu
    • Caleg
  • Olahraga
No Result
View All Result
TriMedia
No Result
View All Result
Iklan 1 Iklan 2
Home Lifestyle

Pasar Skincare Indonesia Melesat: Serum & Essence Catat Pertumbuhan 38,97% di Q3 2024

admin@3media.id by admin@3media.id
Februari 3, 2025
in Lifestyle
0
Pasar Skincare Indonesia Melesat: Serum & Essence Catat Pertumbuhan 38,97% di Q3 2024
0
SHARES
0
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Industri skincare di Indonesia terus berkembang, dengan wanita lebih banyak mengalokasikan pengeluaran untuk perawatan kulit dibanding makeup. Pada Q3 2024, pasar serum & essence mencapai IDR 813 miliar, naik 38,97% dari tahun sebelumnya, dengan Shopee mendominasi e-commerce (80,71%). Skintific menjadi merek teratas dengan pangsa pasar 10,1%, meskipun persaingan antar brand tetap fluktuatif. Produk terlaris adalah Elformula – Intensive Peeling Solution, dengan pendapatan $2,79 juta dan 335,6 ribu unit terjual.

Jakarta – Wanita Indonesia cenderung lebih banyak mengalokasikan pengeluaran untuk perawatan kulit dibandingkan dengan makeup, yang terlihat dari peningkatan pendapatan kategori skincare setiap tahunnya.

Konsumen utama dalam industri kecantikan dan perawatan pribadi di Indonesia didominasi oleh Gen Z dan Milenial, dengan Gen Z terus mengalami pertumbuhan sebagai pembeli utama, terutama setelah pandemi.

Dalam lanskap e-commerce, kategori serum & essence menjadi salah satu yang paling diminati dengan pangsa pasar sebesar 17,4% pada Q3 2024, menempati posisi kedua setelah pelembap.

Artikel ini akan membahas lebih dalam mengenai tren dan perkembangan penjualan serum & essence di berbagai platform e-commerce di Indonesia selama periode Juli hingga September 2024.

Performa Pasar Serum & Essence

Hasil riset Magpie E-commerce Intelligence menunjukkan bahwa selama periode Juli–September (Q3) 2024 pasar Serum & Essence mencapai IDR 813 miliar (naik 38,97% dari Q3 2023) dengan 10.2 juta unit terjual (naik 29,11% dari Q3 2023)

“Pasar Serum & Essence menunjukan tren positif pada Q3 2024, dengan peningkatan GMV sebesar 38,97 secara quarter-over-quarter (QoQ) dan meningkat 1,85% dibandingkan Q2 2024,” ujar Wilhendra, CEO Magpie.

Pembagian per E-commerce

Shopee mendominasi pasar pelembap wajah dengan pangsa pasar sebesar 80,71%, diikuti Lazada sebesar 11,45%, Tokopedia 7,71%, dan Blibli 0,13%.

Dominasi Shopee di pasar pelembap tetap bertahan sepanjang bulan, meskipun terjadi penurunan sedikit pada bulan Agustus. Lazada mengalami penurunan pada bulan september namun tidak merubah posisi apapun dan tetap mendominasi nomor 2 setelah Shopee.

Pembagian Per Brand

Skintific mendominasi pasar serum & essence secara online dengan pangsa pasar sebesar 10,1%, diikuti oleh Elformula (6,1%), The Originote (4,1%), Y.O.U (4,0%), dan Somethinc (3,4%).

“Lima merek teratas tersebut berkontribusi sekitar 27,7% dari total pasar,” ujar Wilhendra.

Pangsa Pasar Serum & Essence Berdasarkan Waktu

Serum & Essence Berdasarkan Waktu” />

Persaingan yang ketat tercermin dalam kinerja merek sepanjang Q3 2024, yang mengalami fluktuasi setiap bulan.

Skintific, sebagai pemimpin pasar, mengalami kondisi yang berfluktuasi, dan pada akhir Q3, sedangkan Somethinc berhasil meningkatkan pangsa pasarnya menjadi 5,9% menunjukkan pertumbuhan yang signifikan.

Brand Serum & Essence Terlaris di E-commerce

1. Shopee

Serum & Essence Teratas di Shopee” />Serum & Essence Teratas di Shopee 2″ />

Shopee, sebagai kontributor terbesar untuk GMV serum & essence, dipimpin oleh Skintific yang menguasai 10,8% pangsa pasar dengan total pendapatan sebesar $4,73 juta. Elformula berada di posisi kedua dengan pangsa 7%, diikuti oleh Y.O.U (4,2%), The Originote (4,2%), dan Skin1004 (3,6%).

Jika melihat pergerakan dari bulan ke bulan (MoM), pada akhir Q3 pangsa pasar Skintific mengalami penurunan, yang kemudian diambil alih oleh Y.O.U dan Glad2Glow. Glad2Glow menunjukkan peningkatan signifikan setelah sebelumnya tidak masuk dalam lima besar GMV tertinggi di September 2024, memperkuat posisinya di Shopee.

2. Lazada

Serum & Essence Teratas di Lazada” />Serum & Essence Teratas di Lazada 2″ />

Di Lazada, JF Glow mendominasi platform dengan menguasai 7,3% pangsa pasar serum & essence, dengan total pendapatan sebesar $450,29 ribu.

“Hal ini menunjukkan keunggulan yang signifikan dibandingkan merek-merek pesaing lainnya. Seperti Skintific (7,3%), Wardah (4,6%), dan Annimate (4,7%) yang mengalami peningkatan pangsa pasar pada September 2024,” jelas Wilhendra.

3. Tokopedia

Serum & Essence Teratas di Tokopedia” />

Di Tokopedia, Wardah mendominasi pasar dengan menguasai 13,6% pangsa pasar dan total pendapatan sebesar $215 ribu. Skintific mengikuti di posisi kedua dengan 9,6% pangsa pasar, disusul oleh Kahf (8,4%), Make Over (6,5%), dan Somethinc (4,3%).

Wardah, Kahf, dan Make Over mengalami peningkatan pangsa pasar pada September 2024.

Produk Serum & Essence Terlaris di E-commerce

Serum & Essence Teratas” />

Elformula, sebagai pemimpin merek dalam kategori serum & essence, didorong oleh penjualan produk Elformula – Intensive Peeling Solution for Exfoliating, yang menjadi produk terlaris dalam kategori ini dengan pendapatan sebesar $2,79 juta dan terjual sebanyak 335,6 ribu unit pada Q3.

Di posisi kedua, produk terlaris berikutnya berasal dari Skintific, yaitu Skintific – Acid Peeling Solution Serum, yang terjual sebanyak 131,2 ribu unit dan menghasilkan pendapatan sebesar $1,2 juta.

Sumber gambar : nordstorm.com di Pinterest

Artikel ini juga tayang di VRITIMES

Previous Post

Port Academy Mencetak Puluhan Ahli Mooring Unmooring di Tahun 2024

Next Post

Panduan Komprehensif Cara Memulai Bisnis di Indonesia pada tahun 2025

admin@3media.id

admin@3media.id

Next Post
Panduan Komprehensif Cara Memulai Bisnis di Indonesia pada tahun 2025

Panduan Komprehensif Cara Memulai Bisnis di Indonesia pada tahun 2025

Stay Connected test

  • 23.9k Followers
  • 99 Subscribers
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Pemkot Gorontalo Tetapkan Stadion Merdeka Sebagai Kawasan Tanpa Plastik

Pemkot Gorontalo Tetapkan Stadion Merdeka Sebagai Kawasan Tanpa Plastik

Oktober 8, 2024
Penjagub Rudy Launching Komitmen Bersama Pemetaan Kesehatan Mental Bagi Anak dan Remaja

Penjagub Rudy Launching Komitmen Bersama Pemetaan Kesehatan Mental Bagi Anak dan Remaja

Desember 25, 2024
Pemkot Jaga Inflasi Jelang Nataru Lewat Pasar Murah Bersubsidi

Pemkot Jaga Inflasi Jelang Nataru Lewat Pasar Murah Bersubsidi

Desember 23, 2024
Atasi Banjir Di Kota Gorontalo, Begini Solusi Wali Kota Terpilih

Pembangunan Masjid Raya, Adhan : Kalau Pemprov Tak Mampu, Kami Siap

April 26, 2025

BLUD RSAS Susun Dokumen Perencanaan

0
Pemkot Gorontalo Tetapkan Stadion Merdeka Sebagai Kawasan Tanpa Plastik

Pemkot Gorontalo Tetapkan Stadion Merdeka Sebagai Kawasan Tanpa Plastik

0
Rudy Ingatkan KPU dan Bawaslu Kawal Ketat Distribusi Logistik Pilkada

Rudy Ingatkan KPU dan Bawaslu Kawal Ketat Distribusi Logistik Pilkada

0
Pagelaran Gerakan Seniman Masuk Sekolah Tuai Apresiasi

Pagelaran Gerakan Seniman Masuk Sekolah Tuai Apresiasi

0
Imbas Luapan Air di Wilayah Daop 4 Semarang, KAI Daop 1 Jakarta Lakukan Penyesuaian Operasional Sejumlah Perjalanan KA

Imbas Luapan Air di Wilayah Daop 4 Semarang, KAI Daop 1 Jakarta Lakukan Penyesuaian Operasional Sejumlah Perjalanan KA

Oktober 28, 2025
Volatilitas Pasar dan Koreksi Harga Bitcoin Jadi Momentum Adopsi Aset Kripto?

Volatilitas Pasar dan Koreksi Harga Bitcoin Jadi Momentum Adopsi Aset Kripto?

Oktober 28, 2025
Apakah Gaji Pas-pasan Agar Tetap Bisa Investasi?

Apakah Gaji Pas-pasan Agar Tetap Bisa Investasi?

Oktober 28, 2025
Peluang Tambahan Penghasilan Datang, Namun Peralatan Belum Siap?

Peluang Tambahan Penghasilan Datang, Namun Peralatan Belum Siap?

Oktober 28, 2025
TriMedia

Jl. Raja Eyato, Kelurahan Biawao, Kota Gorontalo

Follow Us

Kategori

  • Gorontalo
  • Headline
  • Kabupaten Boalemo
  • Kabupaten Bone Bolango
  • Kabupaten Gorontalo
  • Kabupaten Gorontalo Utara
  • Kota Gorontalo
  • KPU
  • Kriminal
  • Lifestyle
  • Nasional
  • Olahraga
  • Pilkada
  • Politik
  • Provinsi Gorontalo
  • Uncategorized
  • World

Berita Terbaru

Imbas Luapan Air di Wilayah Daop 4 Semarang, KAI Daop 1 Jakarta Lakukan Penyesuaian Operasional Sejumlah Perjalanan KA

Imbas Luapan Air di Wilayah Daop 4 Semarang, KAI Daop 1 Jakarta Lakukan Penyesuaian Operasional Sejumlah Perjalanan KA

Oktober 28, 2025
Volatilitas Pasar dan Koreksi Harga Bitcoin Jadi Momentum Adopsi Aset Kripto?

Volatilitas Pasar dan Koreksi Harga Bitcoin Jadi Momentum Adopsi Aset Kripto?

Oktober 28, 2025
Apakah Gaji Pas-pasan Agar Tetap Bisa Investasi?

Apakah Gaji Pas-pasan Agar Tetap Bisa Investasi?

Oktober 28, 2025
  • Home
  • Kontak
  • Services
  • Tentang Kami

PT. TriMedia Gorontalo - 2024

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
No Result
View All Result
  • Home
  • Gorontalo
    • Provinsi Gorontalo
    • Kota Gorontalo
    • Kabupaten Bone Bolango
    • Kabupaten Gorontalo
    • Kabupaten Gorontalo Utara
    • Kabupaten Boalemo
    • Kabupaten Pohuwato
  • Kriminal
  • Politik
    • KPU
    • Bawaslu
    • Caleg
  • Olahraga

PT. TriMedia Gorontalo - 2024