• Home
  • Kontak
  • Services
  • Tentang Kami
Selasa, Juli 1, 2025
  • Login
TriMedia
  • Home
  • Gorontalo
    • Provinsi Gorontalo
    • Kota Gorontalo
    • Kabupaten Bone Bolango
    • Kabupaten Gorontalo
    • Kabupaten Gorontalo Utara
    • Kabupaten Boalemo
    • Kabupaten Pohuwato
  • Kriminal
  • Politik
    • KPU
    • Bawaslu
    • Caleg
  • Olahraga
No Result
View All Result
  • Home
  • Gorontalo
    • Provinsi Gorontalo
    • Kota Gorontalo
    • Kabupaten Bone Bolango
    • Kabupaten Gorontalo
    • Kabupaten Gorontalo Utara
    • Kabupaten Boalemo
    • Kabupaten Pohuwato
  • Kriminal
  • Politik
    • KPU
    • Bawaslu
    • Caleg
  • Olahraga
No Result
View All Result
TriMedia
No Result
View All Result
Iklan 1 Iklan 2
Home Lifestyle

KAI Dukung Kemajuan Industri Kreatif dan Intellectual Property (IP) Lokal Melalui Livery Idul Fitri di Kereta Api

admin@3media.id by admin@3media.id
Maret 14, 2025
in Lifestyle
0
KAI Dukung Kemajuan Industri Kreatif dan Intellectual Property (IP) Lokal Melalui Livery Idul Fitri di Kereta Api
0
SHARES
1
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

PT Kereta Api Indonesia (Persero) menghadirkan nuansa Ramadan dan Idulfitri yang semakin meriah dengan pemasangan Livery Tematik Idulfitri 1446H pada lokomotif, body eksterior kereta, dan kabin penumpang. Livery tematik ini akan menghiasi perjalanan beberapa kereta api unggulan KAI, seperti KA Bima, KA Argo Semeru, KA Argo Wilis, KA Turangga, KA Blambangan Ekspres, KA Gajayana, dan KA Argo Dwipangga.

Peluncuran resmi livery ini digelar di Stasiun Gambir pada 14 Maret 2025. Inisiatif ini bertujuan untuk memberikan pengalaman mudik yang lebih berkesan bagi masyarakat. Acara ini dihadiri oleh Wakil Menteri Ekonomi Kreatif, Irene Umar, Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo, General Manager Publishing Gramedia Wahyu Raharjo, jajaran dari Kementerian Koordinator Infrastruktur dan Kementerian Perhubungan, serta para kreator komik yaitu Jasmine H. Surkatty, kreator komik GaJelas, dan Seto Buje, kreator Bedil. Kehadiran mereka menegaskan dukungan terhadap industri kreatif lokal serta pentingnya budaya mudik bagi masyarakat Indonesia.

Puncak acara ditandai dengan seremoni penyerahan mockup komik bertema “Tipe Pemudik” oleh Jasmine H. Surkatty dan Seto Buje kepada Wakil Menteri Ekonomi Kreatif, Irene Umar. Selanjutnya, Wakil Menteri Ekonomi Kreatif menyerahkan mockup tersebut kepada Direktur Utama KAI sebagai simbol kolaborasi yang memperkuat keterlibatan industri kreatif dalam sektor transportasi publik.

Wakil Menteri Ekonomi Kreatif, Irene Umar menyampaikan pesan dari Menteri Ekonomi Kreatif Teuku Riefky Hasya bahwa kolaborasi ini merupakan wujud dukungan terhadap kreasi anak bangsa melalui Intellectual Property (IP) lokal. Ia berharap, ke depan sektor ekonomi kreatif dapat menjadi salah satu pilar utama dalam mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo menyatakan bahwa kolaborasi ini bukan hanya bertujuan untuk mempercantik stasiun dan rangkaian kereta, tetapi juga mengangkat kreativitas lokal ke tingkat yang lebih luas.

“Harapannya, inisiatif ini dapat terus berkembang dan membuka lebih banyak peluang bagi pelaku ekonomi kreatif untuk berkolaborasi dalam menciptakan ekosistem transportasi yang lebih berwarna, inovatif, dan berdaya saing,” ujar Didiek.

Vice President Public Relations KAI Anne Purba pada kesempatan terpisah mengatakan bahwa Livery Tematik Ramadan dan Idulfitri tahun ini dirancang lebih menarik dibandingkan sebelumnya.

“Livery ini menampilkan karakter-karakter lucu yang menggambarkan suasana mudik Lebaran dengan kereta api. Dengan desain yang unik, diharapkan dapat memberikan kesan ceria dan bahagia bagi para pelanggan saat melakukan perjalanan mudik,” ujar Anne.

Desain livery ini merupakan hasil kolaborasi antara Kementerian BUMN, Kementerian Ekonomi Kreatif, Elex Media, serta karakter dari komik GaJelas, Si Bedil, dan Tuti and Friends. Mengusung tema “Bersama KAI Menyambung Silaturahmi”, KAI ingin menghadirkan pengalaman perjalanan yang lebih berwarna bagi pelanggan setia.

Pada lokomotif, Livery Tematik Idulfitri 1446H menampilkan elemen-elemen khas Ramadan dan Idulfitri, seperti ketupat, masjid, serta motif Islami yang khas. Warna-warna cerah yang digunakan menciptakan nuansa penuh kegembiraan, menyambut para pelanggan yang hendak pulang kampung untuk berkumpul dengan keluarga.

Sementara itu, pada body eksterior kereta, livery tematik ini mengisahkan perjalanan mudik dengan berbagai karakter yang menikmati perjalanan menggunakan kereta api. Dengan ilustrasi yang dinamis, livery ini diharapkan dapat memberikan kesan hangat serta menyebarkan semangat kebersamaan kepada para penumpang.

Tak hanya di bagian luar, livery tematik juga diterapkan pada kabin penumpang untuk menghadirkan atmosfer Ramadan dan Idulfitri yang lebih mendalam. Ornamen dekoratif serta ilustrasi menarik akan menemani pelanggan sepanjang perjalanan, memberikan pengalaman mudik yang lebih menyenangkan.

Kehadiran karakter kartun Bedil, Tuti, dan Budi dalam livery ini semakin menambah daya tarik visual. Karakter-karakter ini dikenal luas oleh masyarakat dan diharapkan dapat memberikan kesan lebih dekat serta menghibur penumpang, terutama anak-anak yang turut serta dalam perjalanan mudik.

Anne menambahkan bahwa pemasangan livery ini juga merupakan salah satu bentuk apresiasi KAI kepada para pelanggan setia yang memilih kereta api sebagai moda transportasi utama saat mudik Lebaran.

“Kami ingin menghadirkan pengalaman perjalanan yang tidak hanya nyaman dan aman, tetapi juga penuh keceriaan serta kenangan yang tak terlupakan. Dengan livery tematik ini, KAI juga ingin mengajak masyarakat untuk bersama-sama merayakan Ramadan dan Idulfitri dengan penuh kebahagiaan. Momen mudik yang identik dengan silaturahmi diharapkan semakin berkesan dengan sentuhan kreatif dari KAI dan para kolaborator,” jelas Anne.

Anne juga menyampaikan bahwa KAI akan terus berinovasi dalam menghadirkan berbagai program menarik guna meningkatkan kenyamanan dan kepuasan pelanggan. Beragam inisiatif, seperti promo mudik lebih awal dan Ramadan Festive, dirancang untuk memberikan pengalaman perjalanan yang lebih menyenangkan dan terjangkau bagi masyarakat.

“Kami berkomitmen untuk selalu memberikan yang terbaik bagi pelanggan kami, baik dalam bentuk layanan maupun pengalaman perjalanan yang menyenangkan,” tutup Anne.

Artikel ini juga tayang di VRITIMES

Previous Post

Emas Sentuh Rekor Tertinggi, Siap Menuju $3.000

Next Post

Dekade Kesuksesan: Perayaan 10 Tahun Lionel Group & Peresmian Kantor Baru

admin@3media.id

admin@3media.id

Next Post
Dekade Kesuksesan: Perayaan 10 Tahun Lionel Group & Peresmian Kantor Baru

Dekade Kesuksesan: Perayaan 10 Tahun Lionel Group & Peresmian Kantor Baru

Stay Connected test

  • 23.9k Followers
  • 99 Subscribers
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Pemkot Gorontalo Tetapkan Stadion Merdeka Sebagai Kawasan Tanpa Plastik

Pemkot Gorontalo Tetapkan Stadion Merdeka Sebagai Kawasan Tanpa Plastik

Oktober 8, 2024
Penjagub Rudy Launching Komitmen Bersama Pemetaan Kesehatan Mental Bagi Anak dan Remaja

Penjagub Rudy Launching Komitmen Bersama Pemetaan Kesehatan Mental Bagi Anak dan Remaja

Desember 25, 2024
Pemkot Jaga Inflasi Jelang Nataru Lewat Pasar Murah Bersubsidi

Pemkot Jaga Inflasi Jelang Nataru Lewat Pasar Murah Bersubsidi

Desember 23, 2024
Atasi Banjir Di Kota Gorontalo, Begini Solusi Wali Kota Terpilih

Pembangunan Masjid Raya, Adhan : Kalau Pemprov Tak Mampu, Kami Siap

April 26, 2025

BLUD RSAS Susun Dokumen Perencanaan

0
Pemkot Gorontalo Tetapkan Stadion Merdeka Sebagai Kawasan Tanpa Plastik

Pemkot Gorontalo Tetapkan Stadion Merdeka Sebagai Kawasan Tanpa Plastik

0
Rudy Ingatkan KPU dan Bawaslu Kawal Ketat Distribusi Logistik Pilkada

Rudy Ingatkan KPU dan Bawaslu Kawal Ketat Distribusi Logistik Pilkada

0
Pagelaran Gerakan Seniman Masuk Sekolah Tuai Apresiasi

Pagelaran Gerakan Seniman Masuk Sekolah Tuai Apresiasi

0
Stok Darah Di PMI Kota Gorontalo Menipis, Warga Diajak Lakukan Donor Darah

Stok Darah Di PMI Kota Gorontalo Menipis, Warga Diajak Lakukan Donor Darah

Juli 1, 2025
Walikota Adhan Buka Bimtek Pengadaan, Upaya Peningkatan Kapasitas Aparatur

Walikota Adhan Buka Bimtek Pengadaan, Upaya Peningkatan Kapasitas Aparatur

Juli 1, 2025
Mitra10 Balikpapan Hadir Lebih Luas, Lengkap, dan Nyaman: Dukung Renovasi Rumah dengan Promo Heboh!

Mitra10 Balikpapan Hadir Lebih Luas, Lengkap, dan Nyaman: Dukung Renovasi Rumah dengan Promo Heboh!

Juli 1, 2025
Ini Dia Perbedaan antara Sabun Organik dan Sabun Biasa

Ini Dia Perbedaan antara Sabun Organik dan Sabun Biasa

Juni 30, 2025
TriMedia

Jl. Raja Eyato, Kelurahan Biawao, Kota Gorontalo

Follow Us

Kategori

  • Gorontalo
  • Headline
  • Kabupaten Boalemo
  • Kabupaten Bone Bolango
  • Kabupaten Gorontalo
  • Kabupaten Gorontalo Utara
  • Kota Gorontalo
  • KPU
  • Kriminal
  • Lifestyle
  • Nasional
  • Olahraga
  • Pilkada
  • Politik
  • Provinsi Gorontalo
  • Uncategorized
  • World

Berita Terbaru

Stok Darah Di PMI Kota Gorontalo Menipis, Warga Diajak Lakukan Donor Darah

Stok Darah Di PMI Kota Gorontalo Menipis, Warga Diajak Lakukan Donor Darah

Juli 1, 2025
Walikota Adhan Buka Bimtek Pengadaan, Upaya Peningkatan Kapasitas Aparatur

Walikota Adhan Buka Bimtek Pengadaan, Upaya Peningkatan Kapasitas Aparatur

Juli 1, 2025
Mitra10 Balikpapan Hadir Lebih Luas, Lengkap, dan Nyaman: Dukung Renovasi Rumah dengan Promo Heboh!

Mitra10 Balikpapan Hadir Lebih Luas, Lengkap, dan Nyaman: Dukung Renovasi Rumah dengan Promo Heboh!

Juli 1, 2025
  • Home
  • Kontak
  • Services
  • Tentang Kami

PT. TriMedia Gorontalo - 2024

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
No Result
View All Result
  • Home
  • Gorontalo
    • Provinsi Gorontalo
    • Kota Gorontalo
    • Kabupaten Bone Bolango
    • Kabupaten Gorontalo
    • Kabupaten Gorontalo Utara
    • Kabupaten Boalemo
    • Kabupaten Pohuwato
  • Kriminal
  • Politik
    • KPU
    • Bawaslu
    • Caleg
  • Olahraga

PT. TriMedia Gorontalo - 2024